Minggu, 26 Desember 2010

Data dan Informasi

Data Dan Informasi

Definisi data adalah “any and all of the fact that are collected, stored, and processed by an information system.” (Romney dan Steinbart 2003, p.9).

Berdasarkan definisi tersebut dapat diartikan data adalah fakta-fakta yang dikumpulkan, disimpan dan diproses oleh system informasi.

Definisi informasi adalah ”data that has been organized and processed so hart is meaningful” (Romney dan Steinbart 2003, p.9).

Berdasarkan Definisi tersebut dapat diartikan informasi adalah data yang terlah diorganisasikan dan diproses sehingga menjadi berguna.

Karakteristik informasi yang berguna, menurut Romney 2003, p.10) adalah :

  1. Relevant. Informasih dikatakan relevan jika dapat mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kemampuan pengambil keputusan untuk membuat prediksi, mengkonfirmasi atau memperbaiki ekspetasi mereka sebelumnya.
  2. Reliable. Informasi dikatakan reliable (dapat diandalkan) jika bebas dari kesalahan atau bias dan secara akurat mewakili kejadian atau aktivitas di organisasi.
  3. Complete. Informasi dikatakan lengkap jika tidak menghilangkan aspek-aspek penting dari kejadian atau kegiatan dasar dari hal yang dinilai.
  4. Timely. Informasi dikatakan tepat waktu jika disajikan pada saat yang tepat pada waktu pembuat keputusan membutuhkan.
  5. Understandable. Informasi dikatakan understandable (dapat dimengerti) jika informasi tersebut disajikan dalam bentuk yang berguna dan dapat di mengerti / jelas.
  6. Verifiable. Informasi dikatakan verifiable (dapat diverifikasi) jika dua orang dengan pengetahuan yang baik, bekerja secara independen dan masing-masing akan menghasilkan informasi yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar