Selasa, 30 Juni 2009

Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Sistem

Sistem : kumpulan dari unsur/elemen-elemen yang saling berkaitan/berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contoh : - Sistem Komputer terdiri dari : Software, Hardware, Brainware - Sistem Akuntansi, dll

Menurut Jerry FithGerald :"sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran te
rtentu".

Menurut Ludwig Von Bartalanfy :" Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu anta
r relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan".

Menurut Anatol Raporot : "Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain".

Menurut L. Ackof : "Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya".

Syarat-Syarat Sistem :
A. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.

B. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.

C. Adanya hubungan diantara elemen sistem.

D. Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih penting daripada elemen sistem.
E. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

URGENSI SISTEM INFORMASI BAGI ORGANISASI
1. Manusia

2. Material

3. Mesin
4. Uang
5. Informasi

SUMBER DAYA UTAMA ORGANISASI PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS

1. Pertumbuhan ekonomi global (persaingan dunia, unit usaha lintas negara, system pengiriman produk antar negara)

2. Perubahan ekonomi industrial (pengetahuan, kecepatan, p
roduktivitas, produk & jasa baru, siklus hidup produk semakin pendek)
3. Perubahan perusahaan (struktur, desentralisasi, fleksibilitas, pemberdayaan, kerjasama tim, kebebasan lokasi, biaya transaksi & koordinasi rendah)

DEFINISI SISTEM INFORMASI

• Sistem : Seperangkat komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.


• Informasi: Data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang memiliki arti dan bermanfaat bagi manusia.


• Data Aliran fakta-fakta mentah yang menunjukkan peristiwa y
ang terjadi dalam organisasi dan lingkungan fisik sebelum diorganisir dan ditata menjadi suatu bentuk yang lebih berarti bagi manusia.

• Manajemen: Sekumpulan orang yang bertugas menjalankan organisasi

• Sistem Informasi Seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan& pengawasan dalam organisasi.


MANFAAT SISTEM INFORMASI

• Bagi Organisasi : Memungkinkan organisasi dapat meraih keunggulan kompetitif.

• Bagi Individu : Memungkinkan individu dalam organisasi untuk dapat mengambil keputusan sesuai dengan perannya masing-masing.

•Bagi Industri untuk dapat mengetahui perkembangan suatu industri, mis: omzet.


KARAKTERISTIK INFORMASI

1. Akurat, menggambarkan kondisi obyek yang sesungguhnya

2. Tepat waktu, tersedia sebelum keputusan dibuat

3. Lengkap, mencakup semua hal yg dibutuhkan pembuat keputusan

4. Relevan, berhubungan dengan keputusan yang diambil

5. Terpercaya, isi informasi dapat dipercaya

6. Terverifikasi, dapat dilacak kesumber aslinya

7. Mudah dipahami, siap dipahami oleh pembacanya

8. Mudah diperoleh



PENGARUH SISTEM INFORMASI BAGI ORGANISASI


• Mempercepat pengambilan keputusan organisasi.

• Menghalangi masuknya pesaing baru untuk memasuki pasar

• Memungkinkan kolaborasi dengan perusahaan lain

• Memungkinkan adanya organisasi virtual PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI BAGI ORGANISASI

• Penurunan waktu pengembangan produk dan biaya pabrikasi melalui MAP (Manfuacturing Automation Protocol) dan CIM (Computer Integrated Manufacturing)

• Jasa perbankan cross-selling melalui otomatisasi pelayanan dan transaksi

• Perbaikan system perdagangan eceran melalui system manajemen persediaan berbasis komputer.

• Peningkatan akses informasi pelanggan

• Memungkinkan pencatatan otomatis

• Mengintegrasikan nilai tambah

• Kontribusi terhadap persaingan secara keseluruhan


PENERAPAN SISTEM INFORMASI DLM ORGANISASI


1. Sistem Informasi Operasional : Memonitor aktivitas mendasar dan transaksi organisasi, seperti penjualan, gaji, aliran bahan baku.

2. Sistem Informasi Pengetahuan : Mendukung aktivitas pekerja pengetahuan dan data organisasi, seperti mengintegrasikan pengetahuan baru dalam bisnis dan mengendalikan aliran kertas kerja.

3. Sistem Informasi Manajemen Mendukung monitoring, pengawasan, pembuatan keputusan dan aktivitas administrative manajemen madya.

4. Sistem Informasi Stratejik Mendukung kegiatan perencanaan jangka panjang manajemen puncak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar